Lembaga Pers Mahasiswa

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah” ― Pramoedya Ananta Toer

Thursday, February 26, 2015



Pengurus (Dok.LPM Mercusuar)
LPM Mercusuar UNAIR memiliki 5 Divisi yang terbagi berdasarkan area dan job desk nya masing-masing. 5 Divis tersebut antara lain :  (1) Divisi Redaksi, (2) Divisi Humas, (3) Divisi Perusahaan, (4) Divisi Litbang , (5) Divisi Artistik. Pembagian kerja divisi divisi tersebut dapat anda simak dalam deskripsi singkat berikut ini :


1. Divisi Redaksi

Divisi Redaksi adalah Divisi yang bertanggung jawab terhadap produk tulisan (Berita, opini, dsb) dan juga rilisan rutin yang dirilis setiap bulan dalam bentuk bulletin LPM Mercusuar. Divisi Redaksi menekankan produktifitas menulis diantara para anggotanya.Anggota Divisi Redaksi juga utamanya terlibat dalam peliputan dan juga investigasi disamping tugas utamanya yakni menulis.

2.Divisi Humas

Divisi Humas atau Hubungan Masyarakat adalah divisi yang bertugas di dalam membangun relasi & jaringan antara LPM Mercusuar dengan organisasi lain, instansi-instansi dan masyarakat. Divisi Humas juga menangani pengelolaan akun media sosial seperti Blog, Facebook Twitter serta Instagram dari LPM Mercusuar.

3.Divisi Litbang

Divisi Penelitian dan Pengembangan atau Divisi Litbang berperan sebagai pusat kajian dan riset-riset, yang turut andil dalam menentukan isu isu stratejik yang akan diproses oleh LPM Mercusuar., Selain itu Divisi Litbang merupakan penyedia data dan referensi yang kuat dalam produk produk intelektual yang dihasilkan LPM Mercusuar.
  
4.Divisi Artistik

Setelah esensi yang disajikan,Tampilan adalah hal terpenting dan Divisi Artistik bertanggung jawab atas hal tersebut, yakni packaging. Divisi Artistik berperan memoles berita dengan kreasi visual berupa desain grafis. Divisi Artistik juga berperan dalam menuturkan berita dengan cara merubah data yang diberikan Divisi Litbang untuk diolah menjadi infografis dan juga picture story.Singkatnya, Divisi Artistik adalah Tim Kreatif yang bertanggung jawab pada wilayah desain grafis termasuk produk-produk yang dihasilkan seperti karikatur, desain layout, infografik, dsb.

5. Divisi Perusahaan

Divisi Perusahaan berperan dalam wilayah manajerial dan marketing LPM Mercusuar, Yang meliputi antara lain kegiatan PSDM, media partnership, promosi, iklan, pemasaran produk organisasi, kerjasama kegiatan antara LPM Mercusuar dengan perusahaan atau organisasi lain, dan lain sebagainya.

0 comments:

Post a Comment