Lembaga Pers Mahasiswa

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah” ― Pramoedya Ananta Toer

Friday, November 14, 2014


Surabaya – Universitas Airlangga menjadi saksi even musik jazz terbesar di Indonesia, The 37th Jazz Goes To Campus (JGTC). Even yang dimulai dari jumat (14/11) sore hingga malam tersebut merupakan kerjasama BEM FE Universitas Indonesia dan BEM Universitas Airlangga. Kehadiran Idang Rasjidi Syndicate sebagai bintang tamu membuat suasana malam JGTC semakin meriah oleh para penikmat musik jazz. The 37th Jazz Goes To Campus tersebut diselenggarakan bukan hanya untuk menghibur penikmat musik jazz, namun juga memberikan edukasi bagi masyarakat tentang musik jazz yang tidak hanya bisa dinikmati kalangan elit, namun juga seluruh masyarakat.

Sore hari, diisi oleh penampilan band-band Surabaya. Ada sekitar 8 penampilan, yakni dua band jazz dari Universitas Airlangga, Orkestra Universitas Airlangga, dan empat penampilan lainnya dari Surabaya. Empat penampilan tersebut adalah jazz fussion community, korek jazz, ITS jazz dan juga guess star, Idang Rasjidi Syndicate. Untuk pertama kalinya, pada tahun ke 37 inilah panitia mengadakan kontes band dalam JGTC. Band-band yang tampil dinilai oleh panitia dan pemenang berhak untuk tampil dalam puncak acara Festival JGTC di Jakarta lengkap dengan tiket dan akomodasi oleh panitia. “Tadi pagi kebetulan ada kontes band, seluruh band yang ada di Surabaya ikutan kontes dan tadi udah kepilih dua pemenang, dua pemenang tadi itu boleh ikut ke Jakarta da dibiayai tiketnya untuk tampil di festival nanti. Dan barusan ada fussion jazz community, dia juga terpilih untuk perform di festival nanti,” terang Dea Putra, Koordinator acara yang ditemui tepat di depan panggung JCTC.

 Menjelang malam, acara JGTC mulai dipadati pengunjung. Idang Rasjidi Syndicate yang tampil pada pukul 20.00 menjadi puncak acara JGTC. Sorak sorai penonton bergemuruh ketika kedua MC mempersilahkan Idang Rasjidi Syndicate untuk naik ke atas panggung, bahkan sebagian besar penonton mulai merapat mendekati panggung untuk menyaksikan penampilan Idang Syndicate Community lebih dekat. Bukan hanya memainkan musik dan bernyanyi, Idang Rasjidi Syndicate juga mengajak penonton bernyanyi bersama. Hal tersebut merupakan hiburan tersendiri bagi penikmat musik jazz. Lewat permainan musik dan beberapa lagu jazz yang dibawakan, Idang Syndicate Riasjidi memukau para penonton. Tak sedikit dari penonton yang kemudian menari mengikuti alunan musik jazz yang dibawakan.
Sebagai salah satu aliran musik, jazz tidak hanya digandrungi anak-anak muda, namun juga orang-orang tua dan anak kecil, hal tersebut terbukti dari banyaknya bapak-bapak beserta anaknya ataupun ibu-ibu beserta anaknya yang datang menikmati musik jazz, sehingga benar adanya bahwa jazz adalah musik semua golongan. Namun yang masih salah dalam pandangan masyarakat adalah bahwa jazz merupakan musik yang hanya bisa dinikmati oleh kalangan elit. Inilah alasan utama diadakannya JGTC, yakni untuk mengedukasi masyarakat bahwa ‘Jazz itu tidak mahal’. Tidak ada biaya masuk yang dikenakan kepada penonton pada JGTC ini, alias free.
Oleh karena jazz adalah musik yang dapat dinikmati semua golongan, dan edukasi mengenai jazz dalam JGTC juga bertujuan untuk menghilangkan pemahaman ‘musiknya kaum elit’, BEM Universitas Airlangga mengambil kesempatan ini untuk bekerja sama dengan BEM FE Universitas Indonesia dalam memamerkan karya mahasiswa Universitas Airlangga sekaligus mewadahi komunitas pecinta seni. Peluang ini dapat menjadi wadah untuk memamerkan bakat dan karya mahasiswa Universitas Airlangga. Ada dua penampilan band dari mahasiswa Universitas Airlangga dan satu buah penampilan dari Orkestra Universitas Airlangga dalam JGTC, dan jika diperhatikan, di sisi utara panggung, terdapat stand-stand usaha yang keseluruhan milik mahasiswa Universitas Airlangga, yakni mereka yang tergabung dalam SAUDARA (Saudagar Muda Airlangga). Ditemui saat acara berlangsung, Ratna dari kementrian komunikasi eksternal BEM Universitas Airlangga mengatakan bahwa kerjasama ini juga bertujuan untuk membranding SAUDARA yang terdiri dari 51 komunitas usaha mahasiswa Universitas Airlangga. Sehingga masyarakat dapat mengenal karya-karya mahasiswa Universitas Airlangga. (CHC)
Fotografer : VIP

0 comments:

Post a Comment